Kamis, 08 Maret 2018

Pageant Talk : Puteri Indonesia 2018 ~ Traditional Costume Jawa Timur

Pageant Talk : Puteri Indonesia 2018 ~ Traditional Costume Jawa Timur 

Jawa Timur memiliki sejumlah kesenian khas. Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timuran yang cukup terkenal, yakni seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. Berbeda dengan ketoprak yang menceritakan kehidupan istana, ludruk menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelata, yang seringkali dibumbui dengan humor, dan kritik sosial, dan umumnya dibuka dengan Tari Remo, dan parikan. Saat ini kelompok ludruk tradisional dapat dijumpai di daerah SurabayaMojokerto, dan Jombang; meski keberadaannya semakin dikalahkan dengan modernisasi.   


Salah satu Kesenian Jawa Timur yang sempat diklaim negara sebelah adalah Reog Reog merupakan kesenian khas Ponorogo yang telah dipatenkan sejak tahun 2001reog kini juga menjadi icon kesenian Jawa Timur. Pementasan reog disertai dengan jaran kepang (kuda lumping) yang disertai unsur-unsur gaib. Seni terkenal Jawa Timur lainnya antara lain wayang kulit purwa gaya Jawa Timuran, topeng dalang di Madura, dan besutan. Di daerah Mataraman, kesenian Jawa Tengahan seperti ketoprak, dan wayang kulit cukup populer. Legenda terkenal dari Jawa Timur antara lain DamarwulanAngling Darma, dan Sarip Tambak-Oso.   Begitulah Sekilas info tentang kesenian jawa timur.  Inilah Traditional Costume Jawa Timur yang mencuri perhatian saya. 



Madura adalah Nama Pulau di Jawa Timur yang memiliki keunikan tersendiri dengan seni dan budaya khas Madura, bahasa maupun masyarakat Etnis Madura. Selain unik, di Madura sendiri banyak keajaiban yang cukup mengagumkan seperti : api yang tak kunjung padam, pengetahuan kuno warisan leluhur yang masih dipegang teguh oleh masyarakat madura.
Pada Busana Tradisional modifikasi ini Terdapat beberapa KEBERAGAMAN, KEUNIKAN DAN KEAJAIBAN MADURA, Diantaranya :
Terdapat Sanggul, Paes, Kalung, Sabuk dan Kain Panjang Batik Tulis yang Terinspirasi dari Tari Muang Sangkal, Dimana Tarian Tersebut Dianggap Dapat Menjauhkan Diri dari Marabahaya.
Kemben Garis-Garis Merah Putih Memperlihatkan Semangat Juang yang Tinggi dan Sikap Tegas Orang Madura dalam Menghadapi Segala Hal.
Di Bagian Bahu Terdapat Cambuk / Pecut Khas Madura.
Traditional Costume by @annisabanyuwangi 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...