Minggu, 24 Juni 2012

Batik Bakal Unjuk Gigi di Olimpiade London






Kebaya kutubaru, jenis kebaya yang biasa dipakai pahlawan nasional RA. Kartini menjadi inspirasi pakaian seragam atlet perempuan kontingen Indonesia untuk upacara pembukaan Olimpiade 2012 di London.
Menurut Yani Soemali, desainer yang terpilih pakaian tersebut, alasan pemilihan kebaya kutubaru, selain karena sederhana juga untuk memompa semangat atlet wanita.
"Khusus untuk kebaya, digunakan kebaya dalam bentuk kutubaru yaitu baju yang biasa dikenakan oleh Ibu Kartini, diharapkan agar atlet wanita dapat berjuang dan menang di ajang Olimpiade dengan semangat Kartini," ujar Yani dalam peluncuran seragam defile kontingan Indonesia Olimpiade 2012, di kantor KOI, Senin (18/6/2012).
Sementara itu, pakaian untuk atlet pria saat defile akan menggunakan beskap yang dipadukan dengan kain batik dan peci khas Indonesia. Busana-busana tersebut didominasi warna merah dan putih.
"Kedua pakaian ini adalah salah satu pakaian khas tradisional kebanggan Indonesia," imbuh Yani.
Selain busana untuk defile, ada beberapa rancangan yang disiapkan, baik untuk kepentingan upacara maupun untuk pakaian santai para atlet yang dikenakan di luar pertandingan.
"Batik yang digunakan adalah motif Sekar Jagat yang mempunyai arti persatuan dari keberagaman menjadi satu bentuk yang saling melengkapi.”
"Sekar berarti bunga dan jagat berarti dunia, seperti harapan kami agar atlet Indonesia menjadi bunga-bunga yang indah di ajang pesta olahraga Olimpiade 2012 di London ini," tambah Yani.
CDM Kontingen Indonesia Erick Tohir, menjelaskan bahwa pembuatan baju-baju tersebut menelan biaya Rp1-2 juta per pasang dan akan dibuat sebanyak 100 buah.
Untuk mendongkrak donasi bagi atlet, maka busana-busana tersebut dijual untuk publik di salah satu stand Pekan Raya Jakarta.
"Itu adalah inovasi kita, sebagai bentuk kerjasama dengan sponsor untuk mendongkrak donasi bagi atlet," kata Erick.
Olimpiade akan berlangsung di London, Inggris, 27 Juli-12 Agustus 2012. London adalah kota pertama yang tercatat dalam sejarah sebagai tuan rumah ajang olah raga terbesar sejagat itu sebanyak tiga kali. Sebelumnya London telah menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1908 dan 1948.

Source : Inilah.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...