Sabtu, 11 April 2015

Special : PMS, Gangguan Bulanan yang Menyiksa Wanita.




Bagi kaum wanita PMS adalah tamu bulanan yang setia menghampiri wanita.  saya mengutip dari liputan6.com ini dia artikelnya :

Gejala - gejalanya seperti berikut :  Kecemasan  |  Perasaan depresi  |  Perubahan suasana hati  |  Mudah marah  | .Perubahan nafsu makan  |  Ngidam makanan  | . Sulit tidur (insomnia)   | Menarik diri dari kehidupan sosial  | . Sulit berkonsentrasi.  



Selain adanya gejala psikologi yang dirasakan, ada juga gejala fisik yang ditimbulkan, yaitu:
1. Nyeri sendi dan otot
2. Sakit kepala
3. Perut kembung
4. Nyeri payudara
5. Berat naik
6. Berjerawat
7. Sembelit atau diare




Walaupun ada banyak tanda dan gejala yang ditimbulkan yang telah disebutkan, tapi sebagian besar wanita memiliki pengalaman PMS hanya beberapa dari gejala tersebut. Beberapa wanita akan merasa sakit fisik dan stres yang cukup parah dan dapat memengaruhi rutinitas dan aktivitas.
Ada istilah lain dari beberapa wanita yang mengalami PMS yaitu, premenstrual dysphoric disorde (PMDD). PMDD adalah bentuk PMS yang parah dengan gejala seperti depresi berat, putus asa, kemarahan, kecemasan, rendah diri, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung dan ketegangan. Bahkan wanita yang mengalami PMS parah memilki gangguan kejiwaan yang mendasarinya.

Penyebab

Berikut beberapa penyebab dari Premenstrual Syndrome, yaitu:


Cyclic change in hormones


Perubahan siklus hormon akan menimbulkan tanda dan penyebab PMS dengan adanya peningkatan hormon akan hilang saat hamil dan menopouse.


Chemical change in the brain


Terjadi perubahan kimia di otak. Adanya naik turun hormon serotin (hormon pemberi senang dan nyaman), zat kimia otak (neurotransmitter) yang memegang peran penting dan bisa memicu gejala PMS. Jumlah hormon serotin akan menyebabkan pramentruasi depression, kelelahan, mengidam makanan dan masalah tidur.

 Depression
Beberapa wanita yang mengalami PMS parah telah terdiagnosa depresi.

Stress
Stres akan memperburuk PMS Anda

Poor eating habits
Kebiasaan makan yang buruk merupakan gejala PMS yang terkait dengan rendahnya vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi makanan asin dan minuman beralkohol atau kafein akan menyebabkan gangguan suasana hati.



Pengobatan

Terdapat beberapa obat obat yang diresepkan untuk menghilangkan gejala PMS, seperti:

1. Antidepresan

Untuk mengurangi rasa lelah, ngidam makanan dan masalah tidur. Obat ini umumnya diminum setap hari tapi penggunaannya terbatas seperti dua minggu sebelum mentruasi dimulai.

2. Nonsteroid anti-inflammantory drugs (NSAIDs)
Obat ini diminum untuk meringankan keram dan ketidaknyamanan yang terasa di daerah payudara

3. Diurectics
Untuk mengurangi nyeri saat PMS

4. Oral contraceptives
Obat ini akan menstabilkan hormon yang akan membentuk gejala PMS

5. Medroxyprogesterone acetate (Depo-Provera)
Digunakan pada wanita dengan PMS parah atau PMDD berguna untuk mengehentikan ovulasi sementara. Obat ini akan menyebabkan tanda-tanda PMS seperti peningkatan nafsu makan, berat badan naik, sakit kepala dan perasaan depresi. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...