Jumat, 29 Desember 2017

Pageant Talk | Miss Earth

Pageant Talk | Miss Earth Image result for Miss Earth

------------------------------------------------------------------------
Ajang beauty pageant milik FIlipina ini memang ada cerita sendiri.  Miss Earth pertama kali diadakan tahun 2001. tahun ini dimenangkan oleh Catharina Svensson dari denmark. Catharina sekarang menjadi lawyer di negaranya. ajang ini menjadi sorotan dunia karena tahun 2003, Miss Earth Pakistan Vida Samadzai. Miss tersebut mengenakan bikini.... langsung heboh karena Pakistan adalah salah satu negara islam. kita tau kalau ajaran islam melarang wanita muslim membuka aurat. berita ini menjadi headline media - media international seperti Associated Press, Sky News United Kingdom, The Sunday Register Guard Dan masih banyak lagi. 


Related image

***********************************
Yang Menarik ajang Miss Earth.

Katherine Espin in Reunion Island

  • Carousel Productions membuat ajang Miss Earth. Miss Earth memiliki misi menyalurkan industri hiburan kontes kecantikan sebagai alat yang efektif untuk secara aktif mempromosikan pelestarian lingkungan.  
  • Ajang ini bekerja sama dengan Badan Pemerintah FIlipina seperti Departemen Pariwisata dan Sumber Daya Alam Filipina (DEN), dan Otoritas Pengembangan Metropolitan Manila (MMDA), serta kelompok lingkungan internasional seperti sebagai Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) dan Peluncuran Global Amerika, untuk melanjutkan advokasi lingkungannya.
  • Miss Earth Organisasi membuat Yayasan Miss Earth.... yayasan ini diciptakan untuk melanjutkan penyebab kontes dan bekerja sama dengan kelompok lokal dan internasional dan organisasi non-pemerintah yang secara aktif terlibat dalam konservasi dan perbaikan lingkungan. Kampanye Miss Earth Foundation berfokus untuk mendidik kaum muda dalam kesadaran lingkungan. Proyek utamanya, "I Love Planet Earth School Tour", mengajarkan dan mendistribusikan alat bantu pendidikan untuk anak-anak sekolah.   

  •  "Beauties For a Cause" Adalah Slogan Miss Earth. Pada tahun 2003 Miss Earth mengadakan Special Award khusus "Beauty For A Cause" yaitu award ini diberikan kepada Miss yang memiliki kontributor paling nyata dalam sosial. 

  • Pada Tahun 2006 , Miss Earth mulai menjadi tuan rumah bersama dalam Konferensi Lingkungan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, penghargaan lingkungan internasional tahunan yang ditetapkan pada tahun 2005 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengenali pemukim dan pemimpin lingkungan yang berprestasi di tingkat kebijakan.

  • Pada tahun 2008, Miss Earth Eco-Fashion Design Competition diluncurkan oleh Miss Earth Foundation sebagai acara tahunan bagi perancang busana profesional dan non-profesional untuk tampil dengan desain yang ramah lingkungan. Desain pakaiannya terbuat dari bahan alami daur ulang, bahan organik, dan desain atau pola eco-chic yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari atau landasan yang layak.



Miss Earth itu menarik tetapi sayangnya ada hal kurang yaitu banyak hal yang ganjil. apa saja? Ini dia menurut saya. 


  • Challenge Event.  Miss Earth membuat event seperti olimpiade yaitu para kontestan nya berjuang mendapat medali.  sayangnya event ini belum jelas apa termasuk penilaian apa tidak. kalau cuman hanya seru seruan alangkah baik nya tidak usah diadakan. kalau termasuk penilaian kenapa terkadang negara yang memiliki medali tertinggi malah tidak masuk. contoh Indonesia (2012) Panama (2015) malah terkadang yang tidak ada medali yang masuk.  

  • Deep Interview.   Kalau ini bukan rahasia lagi. yang punya PS keren bisa placed itu kalau ajangnya benar benar murni  penilaian seperti itu.. beda ajang ini. dikirim wakil PS cas cis cus saja. Unplaced.  What? inilah kenyataan nya. lagi mikir apa juri disana bego ya? tidak bisa menilai? hahaha. 

  • No Make Up.  Ada tradisi unik di ajang Miss Earth. No Make Up saat di interview. yakin? malah yang placed kebanyakan oplas. tidak cantik alami. yang cantik alami saja gagal.

  • To Much Bikini.  Ajang khusus untuk alam. tapi paling sering pake bikini. cocok gak? kalau namanya "Miss Universe" baru cocok. lah ini kontes visinya alam. pantesan sering hujan... Miss Earth pake bikini melulu. jumpa media saja pake bikini. benar - benar otak bikini.  😃


Sangat disayangkan sekali ajang Miss Earth yang memiliki banyak hal yang menarik harus menerima keraguan karena 4 hal yang tidak menarik? Semoga tahun depan. pihak Miss Earth lebih baik lagi dalam penjurian...paling utama adalah adil dan transparan.   





Catatan lain nya tentang  Miss Earth |  

Host Country.  Philippines selalu menjadi tuan rumah Miss Earth. sampai gue mikir ini ajang gak ada modal apa? masa di philippines melulu. ternyata ada kisahnya. dan ini ceritanya. 


  • Pada Tahun 2006 menurut jadwal Chile menjadi tuan rumah  Namunn karena ada masalah organisasi. kontes tersebut akhirnya diadakan di Philippines.  

  • Pada tahun 2010. Miss Earth Organisasi memilih Vietnam sebagai tuan rumah Miss Earth 2010. kalau gagal lagi bisa kembali lagi ke Philippines. syukurnya tidak menjadi kendala.  

  • Pada tahun 2011.  Menurut jadwal Thailand menjadi tuan rumah ajang ini. namun karena situasi banjir di Thailand, Carousel Productions memutuskan untuk memindahkan stage. yaitu kembali ke Philippines. 😓

  • Pada tahun 2012.  Indonesia dipilih menjadi tuan rumah. tetapi rencana itu dibatalkan karena menurut info Pihak Indonesia tidak memenuhi persyaratan minimum sehingga dipindah kembali ke Philipines.  (Pantesan Indonesia gagal melulu, urus ini saja tidak becus) 😂


  • Pada Tahun 2015.  Miss Earth memilih Austria menjadi tuan rumah. Menjadi negara eropa pertama yang menjadi tuan rumah ajang Miss Earth. 😙



Controversy.   Miss Earth juga ada juga kontroversinya.  nah ini semangat untuk saya bahas hahaha.   

Image result for angelee delos reyes national costume
  • National Costume.   Miss Earth ada peraturan yaitu tidak boleh mengenakan  yang merusak lingkungan. sayangnya itu berlaku buat negara lain tidak berlaku buat negara sang pemilik kontes.  Why? Pada tahun 2012.  Miss Earth Philippines (Angelee delos Reyes) Mendapatkan medali perak national costume. National costume nya memang mewah... dulu Indonesia pake bulu aja dilarang. tapi coba diperhatikan itu diatas hiasan kepala pake bulu. ya sudah..mungkin itu bulu kw. hahaha 

  • Pada tahun 2003, Vida Samadzai, Miss Earth Afghanistan, yang sekarang tinggal di Amerika Serikat, mendapat banyak perhatian setelah dia berkompetisi dengan bikini merah. Samadzai adalah wanita Afghanistan pertama yang berkompetisi dalam kontes kecantikan internasional hampir dalam tiga dekade, namun kenyataan bahwa dia mengenakan bikini menyebabkan kegemparan di negara asalnya. Wajar menjadi sorotan...Karena Afganistan adalah Salah satu negara islam. Afganistan negara eropa bodoh amat orang karena orang eropa sudah biasa pake bikini. hahaha

  • Video Eco Beauty.  Pada tahun 2015. Video Miss Earth India  mengalami kontroversi besar saat tim videografi tersebut menunjukkan Gunung Everest sebagai upaya untuk menampilkan Himalaya... Alias mengakui Gunung itu menjadi bagian India.  Langsung membuat marah fans nepal dan meminta Miss Earth India diskualivikasi.  Sadar dengan kesalahan sama video tersebut. Tim Miss Earth India di wakili  oleh sutradara nasional Nikhil Anand  Dia kemudian meminta maaf dari halaman Facebook-nya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...