Rabu, 15 Agustus 2018

Harwita Talk : Asian Games 2018

Harwita  Talk : Asian Games 2018 

Sudah lama diriku tidak ngeblog... maklum shay diriku lagi sibuk kerjaan di dunia nyata (ress) hahaha.  kali ini, diriku akan membahas Asian Games 2018. Dalam waktu ini event olahraga se asia itu akan diadakan di Palembang - Jakarta. nah ini dia beberapa fakta, serba serbi asian games 2018 yang diriku  rangkum dari berbagai sumber. 


Fakta - Fakta Asian Games 2018

1. Asian Games pertama yang akan diadakan di dua kota
Untuk pertama kalinya Asian Games akan diadakan di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Acara ini akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Sebenarnya, Indonesia bukan negara pertama yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, melainkan Vietnam. Namun Vietnam mengundurkan diri karena masalah finansial sehingga akhirnya beralih ke negara kita. (Alhamdulilah.... berkah ) 😊


2. Asian Games 2018 akan menjadi Asian Games terbesar kedua sepanjang sejarah
Akan ada 58 cabang olahraga dan sekitar 460 pertandingan yang digelar dalam Asian Games kali ini. Beberapa olahraga yang dipertandingkan adalah jenis baru seperti Kurash, Sambo, Jiu Jitsu, dan Roller Sport (skateboarding dan roller skating).  Wow! 

3. Akan ada 10.500 – 11.000 atlet dari seluruh Asia yang akan bertanding di Asian Games 2018
Para atlet ini akan tinggal di wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, dan Jakabaring Sporting Complex, di Palembang. 

4. Tiga hewan sebagai maskot Asian Games 2018
Sudah melihat maskot Asian Games 2018? Ada tiga hewan yang merepresentasikan energi dari event olahraga terbesar di Asia ini, yaitu Bhin Bhin: seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. Yang kedua adalah Atung, seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Satu lagi adalah Kaka, seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.   Wow! 

Dunia Fashion Ikut adil di Asian Games 2018. 
5 Desainer Lokal Indonesia Yang Busana Karyanya Hadir Dalam Iklan Asian Games 2018
Bukan para atlet saja yang menyambut Asian Games 2018 lhooo... nah ternyata desainer - desainer Indonesia juga ikut memeriahkan Asian Games 2018. siapa saja? Mereka adalah Albert Yanuar, Deden Siswanto, Ghea Panggabean, Hayati, serta Mel Ahyar. Karya mereka  bernuansa etnik Asia untuk kampanye bertajuk Sambut Energi Asia.  Inilah karya desainer Indonesia. 

1. Albert Yanuar
Menurut Nurulita yang merupakan fotografer iklan kampanye ini, terinspirasi dari beberapa budaya di Asia Timur. Pakaian yang dirancang oleh Albert Yanuar ini memiliki kerah tinggi yang khas dan dipadankan dengan motif naga yang disulam pada kemeja. Untuk melengkapi tampilan ini, rambut model ditata dengan updo yang terinspirasi dari gaya kuno para kaisar.
2. Deden Siswanto
Menurut Nurulita lagi, konsep foto ini mengambil elemen-elemen dari negara-negara di Asia Tengah. Model dalam poster di bawah ini memakai busana karya Albert Yanuar yang dibuat dari kain sutra, aksesori pom-pom, dan baju-baju dengan gaya layering yang oversized. Untuk hiasan kepala, model juga memakai headpiece dari Molly (@msfreshlemonade). 
 
3. Ghea Panggabean
Model dalam poster ini memakai songket dari Ghea Fashion Studio dan menggunakan aksesori ciri khas beberapa budaya sekitar Asia Selatan, di antaranya adalah penggunaan aksesori yang masif, unsur keemasan, dan warna yang cerah.

4. Hayati
Terlihat menenteng sepeda dengan latar Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, model dalam iklan Asian Games 2018 ini memakai busana dari Hayati. Atasan pria berkerah mandarin warna krem menyerupai baju koko dipakai model dan dipadukan dengan luaran dan ikat kepala serupa turban dalam warna senada.

5. Mel Ahyar
Banyak sekali keindahan yang ditawarkan oleh negara-negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah warna-warna cerah yang  ditampilkan lewat kain sarung dalam karya Mel Ahyar ini. Ia memakai tenun sebagai atasan dan memadupadankannya dengan aksesori khas daerah yang dibuat oleh Molly, serta menggunakan sarung dari label kolaborasinya bersama Andien, Happa. Favorit!

Setiap photos shoot pasti ada tantangan nya nah..menurut artikel saya baca " pihak INASGOC sendiri memang bermaksud mengangkat keragaman suku bangsa yang ada di Asia sekaligus mengenalkan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh Asia. Dari sisi layout sendiri menggabungkan dua tujuan ini dalam bentuk pemilihan model, busana, serta tata rias yang digunakan.


Tema 'Sambut Energi Asia' menggambarkan model dalam balutan busana yang mewakili berbagai etnis Asia. Masing-masing model juga terlihat membawa sebuah alat yang mewakili beberapa cabang olahraga yang dilombakan dalam Asian Games 2018 nanti. Dari penampilan fisik serta busana yang mereka kenakan, kita akan langsung mengidentifikasi negara-negara mana saja yang diangkat dalam poster berlatar alam Indonesia tersebut.  

"Kita harus menyesuaikan antara background dengan talent, dengan bajunya, dengan peralatan olahraganya, dan itu nggak bisa sembarangan jadi harus ada research-nya. Aku jujur ini adalah layout terseru yang aku dapat," ungkap Nurulita Adriani, fotografer untuk kampanye Asian Games 2018 ini.   (Bisa saya bayangkan bagaimana pusingnya sebagai  photografer... menjadi fotografer itu tidak mudah..makanya saya salut sama kerja keras mereka. kalian luar biasa. (MAAF Mas ariel pinjam katanya hahaha) 

Ini video the behind scenes nya.. yuk nonton.. selain tau bagaimana proses photos shootnya kita bisa belajar dari dunia fotografer.  πŸ˜πŸ’š




πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†πŸ†

Links Source.  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...