Sabtu, 31 Desember 2011

Indahnya Taman Nasional Suaka Alam


Negeri Cina memang memiliki sejuta pesona keindahan pemandangan yang eksotik serta kebudayaan yang berbagai macam.


Salah satu pesona yang dapat Anda nikmati ke elokannya adalah Taman Nasional Suaka Alam Jiuzhaigou. Bila Anda berkunjung ke sini, bagaikan sedang mengunjungi taman surga yang terdapat di dalam lukisan-lukisan Cina tempo dulu.

Taman Nasional Suaka Alam Jiuzhaigou memiliki luas sekitar luas 72.000 hektare dan memiliki ketinggian 4.800 meter. Taman Nasional ini merupakan habitat bagi sekitar 140 spesies burung, tanaman langka, dan hewan-hewan langka seperti panda. Selain itu di taman nasional ini terdapat 108 danau yang berwarna warni sehingga memberikan pemandangan yang sangat luar biasa.

Menurut kepercayaa suku tibet yang mendiami wilayah ini, mereka mempercayai bahwa dulunya di tempat ini ada seorang dewa gunung yang bernama Dago yang menyukai Dewi Semo. Dewa Dago kemudian memberikan sebuah cermin yang terbuat dari angin dan awan sebagai hadiah untuk Semo sebagai tanda cintanya kepada Dewi Semo.

Namun kemudian roh jahat muncul, Dewi Semo yang merasa terancam dengan keberadaan roh jahat tersebut kemudian memecahkan cermin tersebut menjadi 108 bagian ke bumi agar terhindar dari roh jahat tersebut. Pecahan kaca dari cermin Dewi Semo tersebut kemudian berubah menjadi danau yang berwarna-warni, oleh penduduk setempat danau ini kemudian dinamai Haizi atau danau cermin.

Danau ini terletak di bagian selatan Taman Nasional, yang sebenarnya merupakan kumpulan kolam-kolam kecil dengan air yang jernih. Warna yang dipantulkan dari kolam ini dipengaruhi aktifitas gletser dan juga deposit mineral yang cukup tinggi didasar kolam. Kolam ini juga dipercantik dengan sisi-sisinya yang terbuat dari batu kapur alami yang berwarna putih.

Disekeliling danau ini terdapat pohon-pohon pinus yang rimbun sehingga menambah harmonisasi kecantikan pemandangan alam. Tak heran tempat ini kerap dijadikan lokasi syuting film ataupun juga lokasi pemotretan para fotografer dunia. Taman Nasional yang terletak 450 kilometer arah utara dari kota Chengdu ini merupakan salah satu situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Source : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...