Jumat, 06 Oktober 2017

Health Talk : Ini 8 Tanda Awal Penyakit Kanker yang Sering Diabaikan

Ini 8 Tanda Awal Penyakit Kanker yang Sering Diabaikan


Penyakit kanker masih menjadi momok paling menakutkan bagi semua orang di seluruh dunia. Apalagi jika keluarga memiliki riwayat kanker, kewaspadaan tentu meningkat berkali lipat ketimbang yang tidak. Seringkali pula, seorang penderita kanker tidak menyadari dirinya sedang sakit sehingga penanganannya pun terlambat. Padahal, gejala kanker memiliki tanda-tanda awal yang umum dialami yang tentu saja tak boleh Anda abaikan. Berikut ini 8 tanda awal penyakit kanker seperti dilansir dari Boldsky

Perubahan Pada Kotoran/Tinja

Tanda-tanda pertama ini tak boleh disepelekan. Perubahan warna dan ukuran tinja, sering menderita diare atau BAB tidak teratur juga merupakan indikasi penyakit kanker saluran pencernaan. Tanda ini merupakan salah satu peringatan dini dari kanker itu sendiri. 


Perubahan Urin

Kedua, peringatan dini penyakit kanker dapat terlihat dari kebiasaan buang air kecil. Jika Anda mulai ke kamar mandi lebih sering dari biasanya dan merasa tak nyaman saat buang air, itu dapat mengindikasikan kanker prostat dan kandung kemih. 

Nyeri

Nyeri dapat menjadi indikasi untuk kanker mulut, kanker kulit dan kanker yang berpengaruh pada alat kelamin. Sebaiknya konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami sakit dan nyeri di titik-titik tertentu pada tubuh. Ini adalah salah satu tanda awal penyakit kanker. 

Pendarahan

Tanda keempat ini bisa dibilang sudah lumayan parah. Hati-hatilah jika Anda mengalami pendarahan, seperti tinja berdarah, batuk darah atau lainnya. Jangan ditunda dan segeralah bertemu dengan dokter begitu mengalaminya. 

Benjolan

Tanda yang paling umum adalah adanya benjolan di bagian tubuh. Jika ada benjolan baru, atau benjolan lain yang ukurannya berubah membesar, Anda perlu menghubungi dokter. 

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang paling umum. Tak heran jika gejala ini dianggap biasa saja, dan seringkali terjadi kesalahan diagnosis. Meski begitu, gejala ini bisa meengindikasikan kanker saluran pencernaan bagian atas, terutama jika disertai ketidaknyamanan di perut secara konstan. 

Pertumbuhan Rambut yang Tidak Biasa

Hal ini memang tidak lantas bisa menjadi tanda awal penyakit kanker. Akan tetapi lebih baik jika Anda waspada ketika pertumbuhan rambut mulai tak wajar dan segera berkonsultasi dengan dokter. 

Sering Demam

Demam terlalu sering juga bisa berhubungan dengan kanker sistem kekebalan tubuh. Ini mungkin saja mengarah pada kanker yang menginfeksi organ lain. Anda tak boleh menganggapnya enteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...