Jumat, 15 Mei 2020

Edisi Ramadhan : Peristiwa - Peristiwa dibulan Ramadhan

Edisi Ramadhan | Peristiwa - Peristiwa dibulan Ramadhan. 

DOWNLOAD Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1441 H dan Imsakiyah untuk ...

Turunnya Al-Qur’an 

Peristiwa yang juga disebut Nuzulul Qur’an ini termasuk salah satu peristiwa paling penting yang pernah terjadi dalam sejarah umat Islam. Kitab suci yang nantinya akan menjadi pegangan dan pedoman umat Islam di seluruh dunia ini diturunkan pada bulan Ramadhan. Oleh karena bulan Ramadhan juga disebut sebagai Syahrul Qur’an atau Bulan Al-Qur’an. 


Pernikahan Rasulullah

Pada bulan Ramadhan Rasulullah pernah melangsungkan pernikahannya dengan Hafshah binti Umar bin Khatab dan juga dengan Zainab binti Khuzaimah. Selain Rasulullah, sahabat nabi Ali bin Abi Thalib juga meminang Fatimah pada bulan Ramadhan.

Perang Badar

Perang besar Badar Al-Kubra terjadi pada bulan Ramadhan tahun 2 Hijriyah. Peperangan yang dimenangkan oleh pasukan kaum muslimin ini membuka jalan Islam dalam menentang kemusyrikan dan kebatilan kaum kafir.

Kematian Putri Rasulullah

Putri Rasulullah yang menikah dengan sahabat nabi Utsman bin Affan ini meninggal bertepatan dengan kedatangan Zaid bin Haritsah yang mengabarkan kemenangan kaum muslimin dalam perang Badar.

Awal Mula Zakat Fitrah

Menurut pendapat mayoritas alim ulama, zakat fitrah turun pada bulan Ramadhan tahun 2 Hijriyah, sedangkan zakat mal sebulan setelahnya, yaitu pada bulan Syawal.

Penaklukkan Makkah

Berawal dari pelanggaran kaum Quraisy terhadap perjanjian Hudaibiyah, pada tanggal 10 Ramadan 8 H Rasul dan 10.000 pasukannya merangsek masuk ke kota Makkah. Kaum muslimin berhasil menguasai kembali Makkah tanpa terjadi pertumpahan darah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageant Daily : Miss Universe 2023

 Miss Universe 2023 : My Favorites Argentina , Australia, Brazil, Cameroon, Canada, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Germany, Hon...